Tuesday, June 7, 2016

Rumah Rendang Padang Jendela Dunia Rendang Padang


Koperasi Wanita Ikoboga Padang, Indonesian Caramelized Beef produksi aneka Rendang Khas Sumbar. Rumah Rendang Padang merupakan pusat oleh-oleh Sumatera Barat. Rumah Rendang Padang akan menjadi jendela Dunia aneka rendang terlezat akan ditampilkan pada Ikaboga di Jalan A Yani no 53 Padang, provinsi Sumatera Barat.

Laporan: Julnadi Inderapura, Padang

Ida Nursanti, Pengawas Koperasi Wanita Ikaboga mengatakan bahwa Rumah Rendang Padang sebagai pusata oleh-oleh dan rendang tidak hanya menyajikan kualitas rendang dengan satu rasa saja, namun berbagai kualitas dan cita rasa yang tinggi dan lezat terhimpun tersedia di Rumah Rendang Padang.

Sebab, di Sumbar memiliki banyak fariasi rendang yang merupakan makanan terlezat se Dunia. Maka, rendang tersebut penyajiannya  tidak hanya rendang daging, namun juga ada aneka rendang lainya khas sumbar seperti rendang belut, rendang telur, rendang tuna, rendang rinuak dan lain sebagainya. "Semua jenis rendang tersebut akan terpusat di satu tempat yakni di Rumah Rendang Padang yang akan menjadi brand," sebut Ida Nursanti, kepada penulis Rabu, 1 Juni 2016.

Ia mengatakan bahwa Rumah Rendang Padang akan menjadi brand bagi Sumbar untuk mendapatkan berbagai jenis Rendang serta berbagai kualitas. Sebab, seluruh rendang yang ada di Sumbar akan terhimpun di Rumah Rendang Padang. Maka, masyarakat Sumbar serta turis lokal maca negara tidak kebingungan mencari Rendang sebagai makanan terlezat di Dunia.

"Rumah Rendang Padang, yang di kelola oleh Koperasi Wanita Ikaboga akan di launching pada Sabtu, 4 Juni 2016 oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Sebab Rumah Rendang Padang akan menjadi ikon pusat randang terlengkap di Sumatera Barat," katanya.

Sementara itu, Marnis, Ketua Koperasi Wanita Ikaboga mengatakan bahwa koperasi ini terlah berdiri sejak tahun 2006 dan telah memiliki badang hukum. Koperasi ini bergerak dibindang koperasi simpan pinjam dan koperasi produksi, kemudian pembisnis dibidang kuliner.

"Koperasi ini tidak dimiliki oleh pribadi, koperasi ini merupakan pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk membuat Randang cita rasa dan keu serta oleh-oleh dapat dibeli di ikaboga. Ikaboga melalui Rumah Rendang Padang tampil sebagai rendang Jendela Ranah Minang," katanya.

Ia melanjutkan bahwa Rumah Rendang Padang ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa semua rendang akan tersedia di Rumah Rendang Padang. Untuk itu maka Koperasi Ikaboga membentuk tim rendang untuk menangani khusus kuliner rendang, maka perlu ada otlet.

Yen Zagalo Ketua Tim Rendang, mengatakan bahwa ada 20  orang anggota tim rendang, sementara itu, anggota koperasi wanita ikaboga ada sebanyak 30 orang anggota. Rumah Rendang Padang saat ini telah mengoleksi eman jenis Rendang ternama di Sumatera Barat dapat di beli di Rumah Rendang Padang.

Kemudian koleksi Rendang ini akan terus bertambah dari daerah kabupaten/kota di Sumatera barat, sehingga Rumah Rendang Padang menjadi penyedia rendang terlengkap di Sumatera Barat.

"Setiap produksi rendang dalam kemasanya akan diketahui produksinya rendangnya dari mana. Sehingg konsumen tidak merasa dibohongi membeli Rendang. Kemudian Ikaboga akan dapat lebih mudah untuk mengedukasi konsumen. Ikaboga merupakan produksi bersama pada merupakan pemasok rendang," katanya.

Ia menjelaskan bahwa produksi rendang di peking dengan botol, udah di uji dan produksinya mampu bertahan selama enam bulan dengan botol kaca. Kemudian, Peking dengan aluminium fable dapat bertahan selama satu bulan. "Pemain rendang di koperasi ini banyak, maka di branding pada suatu kota. Rendang Padang akan menjadi brand rendang yang ada di sumbar," katanya.

No comments:

Post a Comment